video dan animasi.media pembelajaran ipa terpadu.

RPP IPA Kelas IX SMP

PERANGKAT PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM












KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
KELAS : IX (SEMBILAN)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

- RINCIAN MINGGU EFEKTIF
- PROGRAM TAHUNAN
- PROGRAM SEMESTER
- KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
- PEMETAAN
- SILABUS
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 2 SEKAYU

PERANGKAT PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN IPA TERPADU

KELAS IX

SEMESTER 1 DAN 2










1. Program Tahunan
2. Alokasi waktu
3. Program semester
4. Kriteria ketuntasan minimal ( KKM )
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran











DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KAB. MUSI BANYUASIN
SMP NEGERI 2 SEKAYU
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran : IPA
Sekolah :
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010
Smt No. SK/KD SK / KD / Indikator Waktu

I
1 / 1.1








1 / 1.2








1 / 1.3










2 / 2.1






2 / 2.2



2./ 2.3




2 / 2.4







3 / 3.1













3 / 3.2
















3 / 3.3








3 / 3.4














4 / 4.1









4 / 4.2






4 / 4.3













5 / 5.1











5 / 5.2






5 / 5.3








5 / 5.4






5 / 5.5







Mendeskripsikan Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
• Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.
• Mendeskripsikan fungsi system ekskresi
• Mendata contoh kelainan da penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mendeskrisikan system reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia.
• Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
• Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
• Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia.

Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
• Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
• Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
• Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
• Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mengidentifikasi kelangsungan hidup mahkluk hidup melalui adaftasi, seleksi alam dan reproduksi.
• Mendeskripsikan macam-macam addaftasi
• Menjelaskan terjadinya seleksi alam
• Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

Mendesjripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup
• Menjelaskan hokum Mendel.
• Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
• Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
• Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

Mendeskripsikan peranan biotehknologi dalam mendukung kelangsungtan hidup manusia.
• Mendeskripsikan macam-macam biotehknologi secara sederhana.
• Mendemonstrasikan biotehknologi secara sederhana.
• Mendata produk-produk biotehknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitar

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
• Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
• Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
• Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
• Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
• Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
• Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
• Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
• Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
• Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
• Mendeskripsikan hokum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
• Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian.

Mendeskripsikan prinsif kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
• Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listriik sekunder.
• Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel.

Mendeskripsikan hubungan antara energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
• Menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik yang digunakan
• Menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik serta satuannya.
• Menunjukkan beberapa energi listrik menjadil bentuk energi lain.
• Menunjukan beberapa alat sehari-hari yang memenfaatkan energi listrik.
• Mempraktekan konsep energi dan daya listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWh meter
• Mempraktekan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakannya...

Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
• Menunjukkan sifat kutub magnet
• Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
• Memaparkan teori kemagnetan bumi
• Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.


Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehknologi.
• Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
• Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.

Menerapkan kosep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik.
• Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnet dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.
• Menjelaskan prinsif kerja dynamo / generator secara sederhana.
• Menjelaskan secara kualitatif secara sederhana cara kerja transformator.
• Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnet dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.

Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
• Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
• Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
• Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
• Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.

Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.
• Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang.
• Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari.
• Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
• Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.

Mendeskripsikan gerak edar bumi ,bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya.
• Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi.
• Mendeskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan hubungannya dengan peristiwa pasang surut air laut.
• Menjelaskan fungsi satelit buatan.

Mendeskripsikan proses proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.
• Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
• Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.

Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmofer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
• Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
• Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
• Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia.
• Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan
3x 40









3x 40







3x 40










4x 40






4x 40



4x 40




4x 40







6x 40













6x 40
















2x 40








4x 40















3x 40








3x 40





3x 40















3x 40










3x 40






3x 40







3x 40







3x 40











Mengetahui, Sekayu,
Kepala Guru Mata Pelajaran



__________________ _____________________




































ALOKASI WAKTU DALAM SEMESTER


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

No. Nama Bulan Jumlah minggu Minggu Efektip Minggu Tdk Efektif
1
2
3
4
5
6
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Jumlah 4
5
4
4
5
4
26 2
4
3
2
5
2
18 2
1
1
2
-
2
8


JUMLAH JAM EFEKTIF DALA SATU SEMESTER
18 Minggu Efektif x 4 jumlah jam per minggu = 72 Jam Pelajaran

RINCIAN PENGGUNAAN JAM PELAJARAN EFEKTIF
1. Indikator : 11 KD = 60 Jam Pelajaran
2. Ulangan Blok : 5 kali = 5 Jam Pelajaran
3. Remedial : 3 kali = 7 Jam Pelajaran
Jumlah = 72 Jam Pelajaran.




Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001

















PROGRAM SEMESTER

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


No.
No.
SK
/KD
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
/Indikator Wak
tu
Bulan / Minggu

Juli
Agustus
Sept.
Okt.
Nop.
Des.
1 2 1 2 3 4 1 2 3 1 2 1 2 3 4 5 1 2
1









2









3












4







5




6





7









8















9



















10










11 1/1.1











1/1.2











1/1.3














2/2.1









2/2.2





2/2.3






2/2.4











3/3.1



















3/3.2























3/3.3












3/3.4 Mendeskripsikan Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.
2. Mendeskripsikan fungsi system ekskresi
3. Mendata contoh kelainan da penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mendeskrisikan system reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia.
1. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia.

Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mengidentifikasi kelangsungan hidup mahkluk hidup melalui adaftasi, seleksi alam dan reproduksi.
1. Mendeskripsikan macam-macam addaftasi
2. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
3. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

Mendesjripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup
1. Menjelaskan hokum Mendel.
2. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
1. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
2. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

Mendeskripsikan peranan biotehknologi dalam mendukung kelangsungtan hidup manusia.
1. Mendeskripsikan macam-macam biotehknologi secara sederhana.
2. Mendemonstrasikan biotehknologi secara sederhana.
3. Mendata produk-produk biotehknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitar

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
1. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
2. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
5. Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
1. Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
2. Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
3. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
4. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
5. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
6. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
7. Mendeskripsikan hokum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
8. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian.

Mendeskripsikan prinsif kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
1. Menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
2. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listriik sekunder.
3. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel.

Mendeskripsikan hubungan antara energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
1. Menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik yang digunakan
2. Menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik serta satuannya.
3. Menunjukkan beberapa energi listrik menjadil bentuk energi lain.
4. Menunjukan beberapa alat sehari-hari yang memenfaatkan energi listrik.
5. Mempraktekan konsep energi dan daya listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWh meter
6. Mempraktekan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakannya...

3










3








3












3








4




4





4








6
















6



















2









4 2 1










1










2



















2


























1


























2
































1
































2































2
































2

















































Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001













PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN MATERI POKOK

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


No.
Std Kptensi
Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi Pokok Aspek Penilaian

P Konsep P.Ilmiah

1














2










3


















4










5






6





7










8
























9

































10













11 Mendeskripsikan Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan













Mendeskrisikan system reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia







Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.














Mengidentifikasi kelangsungan hidup mahkluk hidup melalui adaftasi, seleksi alam dan reproduks







Mendesjripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup



Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.


Mendeskripsikan peranan biotehknologi dalam mendukung kelangsungtan hidup manusia.







Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.


















Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.




























Mendeskripsikan prinsif kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari








Mendeskripsikan hubungan antara energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.
2. Mendeskripsikan fungsi system ekskresi
3. Mendata contoh kelainan da penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

4. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
5. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
6. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia.


7. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
8. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
9. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
10. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

11. Mendeskripsikan macam-macam addaftasi
12. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
13. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup


14. Menjelaskan hokum Mendel.
15. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup

16. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
17. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

18. Mendeskripsikan macam-macam biotehknologi secara sederhana.
19. Mendemonstrasikan biotehknologi secara sederhana.
20. Mendata produk-produk biotehknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitar

21. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
22. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
23. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
24. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
25. Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

26. sehari-hari Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
27. Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
28. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
29. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
30. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
31. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
32. Mendeskripsikan hokum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
33. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian.

34. Menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
35. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listriik sekunder.
36. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel.

37. Menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik yang digunakan
38. Menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik serta satuannya.
39. Menunjukkan beberapa energi listrik menjadil bentuk energi lain.
40. Menunjukan beberapa alat sehari-hari yang memenfaatkan energi listrik.
41. Mempraktekan konsep energi dan daya listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWh meter
42. Mempraktekan penghematan energi dalam kehidupan dan mengemukakannya
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.














Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan reproduksi pada manusia.









Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


















Kelangsungan hidup mahkluk hidup melalui adaftasi. Seleksi alam dan perkembangbiakan








Konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup




Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya.



Penerapan biotehknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia produksi pangan.









Listrik statis




























Listrik dinamis










































Arus listrik















Energi dan daya listrik 
















































































































































































Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001


















PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR DAN STANDAR KOMPETENSI


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010



Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Penentuan KKM
Kompleksitas Sarana pendukung Intake siswa KKM Indikator KKM KD

Mendeskripsikan Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia.
2. Mendeskripsikan fungsi system ekskresi
3. Mendata contoh kelainan dan pnyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mendeskrisikan system reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan system reproduksi pada manusia.

1. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia.

Mendeskripsikan system koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Mengidentifikasi kelangsungan hidup mahkluk hidup melalui adaftasi, seleksi alam dan reproduksi.

1. Mendeskripsikan macam-macam addaftasi
2. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
3. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

Mendesjripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup

1. Menjelaskan hokum Mendel.
2. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.

1. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
2. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

Mendeskripsikan peranan biotehknologi dalam mendukung kelangsungtan hidup manusia.

1. Mendeskripsikan macam-macam biotehknologi secara sederhana.
2. Mendemonstrasikan biotehknologi secara sederhana.
3. Mendata produk-produk biotehknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitar

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
2. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
5. Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
2. Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
3. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
4. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
5. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
6. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
7. Mendeskripsikan hokum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
8. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian.

Mendeskripsikan prinsif kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menjelaskan perbedaan elemen listrik primer dan elemen listrik sekunder.
2. Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan elemen listriik sekunder.
3. Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun parallel.

Mendeskripsikan hubungan antara energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

1. Menjelaskan hubungan antara V dan I dengan energi listrik yang digunakan
2. Menjelaskan hubungan antara daya dengan energi listrik serta satuannya.
3. Menunjukkan beberapa energi listrik menjadil bentuk energi lain.
4. Menunjukan beberapa alat sehari-hari yang memenfaatkan energi listrik.
5. Mempraktekan konsep energi dan daya listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada KWh meter
6. Mempraktekan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakannya...




65

70

70






65

60

70





60

60



65







65
60
65





65
65




65
65




60

65

60






65


65

65
65



70






70

65
60

70


60

70


65

70





60

60

70






65
65

65
70

70


70



75

75

75






75

75

75





75

75



75







75
75
75





75
75




75
75




75

75

75






75


75

75
75



75






75

75
75

75


75

75


75

75





75

75

75






75
75

75
75

75


75



70

65

65






70

70

65





70

65



65







65
70
70





70
65




65
65




65

70

70






65


70

70
70



65






65

65
65

65


70

65


65

65





70

65

65






65
65

70
65

65


65



65

65

65






65

64

65





63

63



64







65
65
65





62
64




63
63




65

65

65






63


63

63
62



62






63

63
63

65


63

63


64

63





63

62

63






64
64

65
65

65


65
68










67









63












63








64





65






63








63

















65



















66










64














Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kompetensi
Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan system ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Indikator
1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
2. Mendeskrepsikan fungsi system ekskresi
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Alokasi Waktu
4 x 40 menit ( 3 kali pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
1. Membandingkan macam-macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
2. Mendeskrepsikan fungsi system ekskresi
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada system ekskresi yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

B. Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C. Metode Pembelajaran
Model : Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode : Diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Dimanakah letak ginjal ?
Motivasi : Mengapakah kita selalu buang air kecil ?


Kegiatan inti
- Dengan menggunakan torso ginjal guru menyejikan informasi menganai system ekskresi pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang system ekskresi pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Sebutkan 4 macam organ penyusun system ekskresi pada manusia
2.Jelaskan 3 tahap pembentukan urine
3. Jelaskan 3 macam kelainan pada system ekskresi






Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami berbagai sistemdalam kehidupan

Kompetensi Dasar
1. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia
Indikator
1. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menbandingkat system reproduksi pada pria dan wanita.
2. Mendeskripsikan fungsi organ reproduksi pada pria dan wanita.
3. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada organ reproduksi manusia

B. Materi Pembelajaran
Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakan cara mahkluk hidup berkembang biak ?
Motivasi : Mengapakah makhluk hidup perlu berkembang biak ?



Kegiatan inti
- Dengan menggunakan torso alat reproduksi manusia guru menyajikan informasi menganai system reproduksi pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang system reproduksi pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Sebutkan 4 macam organ penyusun system reproduksi pada manusia
2.Jelaskan proses pembuahan pada manusia
3. Jelaskan 3 macam kelainan pada system perkembangbiakan.





Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami berbagai system dalam kehidupan

Kompetensi Dasar
1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

Indikator
1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Membandingkan macam organ penyusun system syaraf pada manusia.
2. Menjelaskan fungsi otak , sum-sum tulang belakang dan sel-sel syaraf dalam system koordinasi
3. Menunjukkan bagian-bagian alat indera dan fungsinya
4. Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang dijumpai pada kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

B. Materi Pembelajaran
Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Apa yang kita rasakan bila tangan terkena benda panas ?
Motivasi : Mengapakah kita dapat merasakan sakit bila dicubit

Kegiatan inti
- Dengan menggunakan torso rangka dan indera manusia guru menyajikan informasi menganai system koordinasi dan alat indera pada manusia.
- Siswa studi pustaka tentang system koordinasi dan alat indera pada manusia
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.

Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Sebutkan 5 macam indera pada manusia dan jelaskan fungsinya.
2.Jelaskan perbedaan fungsi otak dan sumsum tulang belakang pada manusia
3. Jelaskan 3 macam kelainan pada system koordinasi dan alat indera






Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan pekembangbiakan

Indikator
1. Mendeskripsikan macam-macam adaftasi
2. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
3. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Mendeskripsikan macam-macam adaftasi
2. Menjelaskan terjadinya seleksi alam
3. Membandingkan perkembangbiakan secara vegetatif dengan generatif pada mahkluk hidup.

B. Materi Pembelajaran
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan pekembangbiakan

C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning

Metode :
Diskusi kelompok
Observasi



D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara mahkluk hidup dapat bertahan hidup ?
Motivasi : Mengapakah seekor bunglon bila berada di rumput berwarna hijau

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi menganai adaptasi ,seleksi alam dan perkembangbiakan.
- Siswa studi pustaka tentang adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas

Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Apa yang dimaksud dengan adaptasi
2. Sebutkan 3 macam adaptasi dan jelaskan .
3. 2.Jelaskan perbedaan antara adaptasi dengan seleksi alam
4. Berikan masing-masing 3 contoh dari 3 macam adaptasi





Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup

Indikator
1. Menjelaskan hukum Mendel.
2. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menjelaskan hukum Mendel.
2. Menjelaskan konsep pewarisan sifat pada mahkluk hidup.

B. Materi Pembelajaran
Pewarisan sifat pada makhluk hidup

C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning

Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara mahkluk hidup menurunkan sifat kepada keturunannya ?
Motivasi : Mengapakah keturunan suatu organisme sama sifatnya dengan induknya

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi menganai hukum Mendel dan penurunan sifat.
- Siswa studi pustaka tentang hokum Mendel dan penurunan sifat
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Apa yang dimaksud dengan gen dan kromosom
2. Sebutkan macam kromosom pada manusia .
3. Jelaskan perbedaan antara dominant dengan resesif
4. Berikan masing-masing 3 contoh dari sifat dominant dan resesif






Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan proses pewarisan sifat dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya

Indikator
1. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
2. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Mendeskripsikan persilangan satu sifat beda
2. Mendeskripsikan persilangan dua sifat beda

B. Materi Pembelajaran
proses pewarisan sifat dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya

C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning

Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara mahkluk hidup menurunkan sifat kepada keturunannya ?
Motivasi : Mengapakah keturunan suatu organisme sama sifatnya dengan induknya

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi menganai persilangan dengan satu dan dua sifat beda.
- Siswa studi pustaka tentang penurunan sifat dan persilangan
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
1. Jelaskan perbedaan persilangan monohybrid dengan dihibrid
2. Jika fenotip T untuk tinggi dan M untuk rasa manis, t untuk rendah dan m untuk rasa asam buat persilangan antara buah rasa manis berbatang tinggi disilang dengan buah berasa asam berbatang rendah .





Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
1. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
2. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
5. Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik dan proses terjadinya secara sederhana.
2. Menjelaskan cara memberi muatan listrik pada benda
3. Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat-sifat muatan listrik.
4. Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya elektrostatis dengan esar muatan listrik da jarak antar benda bermuatan listrik.
5. Mendeskripsikan gejala dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

B. Materi Pembelajaran
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari


C. Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning

Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara terjadinya halilintar ?
Motivasi : Apakah ciri atau tanda bila hari mau hujan

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai listrik statis dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentang listrik statis dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan listrik statis
Jelaskan apa yang terjadi yang dua benda bermuatan listris yang sama berdekatan.





Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatanya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
1. Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
2. Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
3. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
4. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
5. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
6. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
7. Mendeskripsikan hukum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
8. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian
Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menjelaskan konsep listrik dan mengukur kuat arus listrik.
2. Menjelaskan konsep beda potensial listrik dan mengukur beda potensial.
3. Menjelaskan konsep Gaya Gerak Listrik (ggl) sumber arus listrik.
4. Mengukur dan menggambarkan arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian.
5. Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial listrik dalam suatu rangkaian (hkm Ohm)
6. Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor, dan isolator)
7. Mendeskripsikan hukum kirchoff untuk menghitung V dan I dalam rangkaian.
8. Menghitung hambatan pengganti dalam rangkaian

Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara menghasilkan arus listrik ?
Motivasi : Apa yang kamu ketahui tentang fungsi energi listrik

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai listrik dinamis dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentang listrik dinamis dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan listrik dinamis
Diketahui kuat arus 8 ampere dan hambatan 10 ohm, berapakah beda potensialnya .





Mengetahui, Sekayu, Juli 2009
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001



















ALOKASI WAKTU DALAM SEMESTER


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


No. Nama Bulan Jumlah minggu Minggu Efektip Minggu Tdk Efektif
1
2
3
4
5
6
Januari
Februari
Maret April
Mei
Juni
Jumlah 4
5
5
4
5
4
27 3
4

4
5
2
23 1
1
-
-
-
2
4


JUMLAH JAM EFEKTIF DALA SATU SEMESTER
23 Minggu Efektif x 4 jumlah jam per minggu = 92 Jam Pelajaran

RINCIAN PENGGUNAAN JAM PELAJARAN EFEKTIF
1. Indikator : 27 KD = 70 Jam Pelajaran
2. Ulangan Blok : 5 kali = 5 Jam Pelajaran
3. Remedial : 3 kali = 7 Jam Pelajaran
Jumlah = 92 Jam Pelajaran.




Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001
















PROGRAM SEMESTER



Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010




No.
No.
SK
/KD
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
/Indikator Wak
tu
Bulan / Minggu

Jan
Feb.
Mar.
Apr.
Mei.
Jun.
1 2 1 2 3 4 1 2 3 1 2 1 2 3 4 5 1 2
1














2











3






















4


















5












6














7













8



















4/4.1.1













4/4.2











4/4.3






















5/5.1


















5/5.2












5/5.3














6/6.1













6/6.2


















Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

1. Menunjukkan sifat kutub magnet
2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.

Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehknologi.

1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
2. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.

Menerapkan kosep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik.

1. Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnet dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.
2. Menjelaskan prinsif kerja dynamo / generator secara sederhana.
3. Menjelaskan secara kualitatif secara sederhana cara kerja transformator.
4. Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnet dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.

Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.

1. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
2. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
3. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
4. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.

Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.

1. Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang.
2. Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari.
3. Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
4. Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.

Mendeskripsikan gerak edar bumi ,bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya.

1. Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi.
2. Mendeskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan hubungannya dengan peristiwa pasang surut air laut.
3. Menjelaskan fungsi satelit buatan.

Mendeskripsikan proses proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.

Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmofer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

1. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
3. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia.
4. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan
3










3








3












3








4




4





4








6
















6


























2 1










1










2



















2


























1


























2
































1
































2
































































2














































Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR DAN MATERI POKOK

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


No.
Std Kptensi
Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi Pokok Aspek Penilaian

P Konsep P.Ilmiah

1











2









3



















4





















5










6











7











8
















Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet









Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehknologi









Menerapkan kosep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik














Mendeskripsikan karakteristik system tata surya























Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet









Mendeskripsikan gerak edar bumi ,bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya









Mendeskripsikan proses proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor





Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmofer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.



1. Menunjukkan sifat kutub magnet
2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik

5. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
6. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.

7. Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnet dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.
8. Menjelaskan prinsif kerja dynamo / generator secara sederhana.
9. Menjelaskan secara kualitatif secara sederhana cara kerja transformator.
10. Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnet dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.

11. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
12. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
13. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
14. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table

15. Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang.
16. Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari.
17. Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
18. Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi

19. Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi.
20. Mendeskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan hubungannya dengan peristiwa pasang surut air laut.
21. Menjelaskan fungsi satelit buatan.

22. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
23. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor

24. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
25. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
26. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia.


27. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan .Gejala kemagnetan dan cara membuat magnet












Pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehknologi










Induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik















Tata surya










.














Matahari sebagai bintang












Gerak edar bumi ,bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya











Proses proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor






hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmofer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.





















Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001

























PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PERINDIKATOR, KOMPETENSI DASAR DAN STANDAR KOMPETENSI


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010



Kompetensi Dasar/Indikator Kriteria Penentuan KKM
Kompleksitas Sarana pendukung Intake siswa KKM Indikator KKM KD

Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
1. Menunjukkan sifat kutub magnet
2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.

Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehknologi.
1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
2. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.

Menerapkan kosep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan induksi elektromagnetik.
1. Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnet dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.
2. Menjelaskan prinsif kerja dynamo / generator secara sederhana.
3. Menjelaskan secara kualitatif secara sederhana cara kerja transformator.
4. Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnet dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan.

Mendeskripsikan karakteristik system tata surya.
1. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
2. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
3. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
4. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.

Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.
1. Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang.
2. Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari.
3. Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
4. Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.
5.

Mendeskripsikan gerak edar bumi ,bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya.

1. Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi.
2. Mendeskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan hubungannya dengan peristiwa pasang surut air laut.
3. Menjelaskan fungsi satelit buatan.

Mendeskripsikan proses proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor.

1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.


Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmofer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

1. kesehatan manusia. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
3. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap
4. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan


65

70



70

65





60



70








60




60


65


65






60


65



65


65








65

65

60

65







60


65




65







65



65










70




70



65


60


70


75

75



75

75





75



75








75




75


75


75






75


75



75


75








75

75

75

75







75


75




75







75



75










75




75



75


75


75




70

65



65

70





70



65








70




65


65


65






70


70



70


65








65

65

65

70







70


65




70







70



70










65




65



65


65


65




65

65



65

65





64



65








63




63


64


65






65


62



64


63








65

65

65

65







63


63




63







62



62










63




63



63


64


63



68





67







63












63

















64


















65













63















65














66



















Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran





Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

Indikator
1. Menunjukkan sifat kutub magnet
2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.

Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menunjukkan sifat kutub magnet
2. Mendemonstrasikan cara membuat megnet dan menghilangkan sifat kemagnetan.
3. Memaparkan teori kemagnetan bumi
4. Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif disekitar kawat berarus listrik.
Materi Pelajaran
Gejala kemagnetan pada suatu benda
Metode Pembelajaran
Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara membuat magnet ?
Motivasi : Apa nama benda yang dapat menarik benda lain yang terbuat dari besi atau baja ?

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai magnet,gejala kemagnetan dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentang listrik magnet, gejala kemagnetan dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan magnet
Sebutkan 3 macam gejala kemagnetan berdasarkan sifatnya ? .
Sebutkan 3 cara menghilangkan sifat kemagnetan ?






Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

Standar Kopetensi
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Menerapkan jonsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsif kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsif induksi elektromagnetik

Indikator
1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
2. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.


Alokasi waktu
4 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk tekhnologi.
2. Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari.
Materi Pelajaran
Induksi elektromagnetik

Metode Pembelajaran

Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara membuat magnet ?
Motivasi : Bagaimana bentuk magnet yang sring kamu temukan ?

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai induksi elektromagnetik dan penerapannya.
- Siswa studi pustaka tentanginduksi elektromagnetik dan penerapannya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa
E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik ?
Sebutkan 3 macam factor yang mempengaruhi ggl induksi ? .
Sebutkan 3 cara meperbesar ggl induksi ?





Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan karakteristik system tata surya

Indikator
1. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
2. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
3. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
4. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari.
2. Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
3. Mendeskripsikan orbit planet mengelilingi matahari berdasarkan model tata surya.
4. Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau dari massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari dengan menggunakan table.
Materi Pelajaran
Sistem tata surya

Metode Pembelajaran

Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah cara membuktikan bumi mengelilingi matahari
Motivasi : Benda langit apa yang sering terlihat pada malam hari ?

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai system tata surya .
- Siswa studi pustaka tentang tata surya
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan tata surya ?
Sebutkan dan jelaskan 2 macam gerak yang dialami bumi ? .
Sebutkan 9 macam planet dalam tata surya kita ?







Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

Standar Kopetensi
Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer yang berhubungan dengan perubahan zat dan kalor

Indikator
1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.

Alokasi waktu
3 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan lithosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
2. Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi pada lapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor.
.
Materi Pelajaran
Proses yang terjadi dilapisan lithosfer dan athmosfer

Metode Pembelajaran

Model :
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Bagaimanakah bentuk permukaan bumi ?
Motivasi : Disebut apakah udara yang menyelubungi bumi ?

Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai struktur permukaan bumi.
- Siswa studi pustaka tentang struktur permukaan bumi
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan yang dimaksud dengan pelapukan ?
Sebutkan dan jelaskan 2 macam pelapukan ? .
Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi pelapukan ?
Jelaskan apa yang terjadi jika suhu dipermukaan bumi terus meningkat








Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sekayu
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / Genap
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010


Standar Kopetensi
Memahami system tata suryadan prosesyang terjadi di dalamnya

Kompetensi Dasar
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan atmosfer dan lithosfer dengan kesehatan dan perubahan lingkungan

Indikator
1. kesehatan manusia. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
3. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap
4. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan
Alokasi waktu
2 jam pelajaran

Tujuan pembelajaran
1. kesehatan manusia. Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2. Menjelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya terhadap lingkungan bumi
3. Menjelaskan pengaruh proses dilingkungan terhadap
4. Menyadari bahwa pengaruh negative proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan.
.
Materi Pelajaran
Proses yang terjadi dilapisan lithosfer dan athmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

Metode Pembelajaran
Model ;
Direct Instruction
Kooperative Learning
Metode :
Diskusi kelompok
Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1.
Pendahuluan
Apersepsi : Apakah yang terjadi jika pemanasan global terus meningkat ?
Motivasi : apakah yang terjadi pada bumi jika bumi tertutup kabut asap akibat pembakaran lahan ?
Kegiatan inti
- Guru menyajikan informasi mengenai hubungan lapisan athmosfer dan lithosfer dengan permasalahan lingkungan.
- Siswa studi pustaka tentang hubungan antara lapissan athmosfer dan lithosfer dengan permasalahan lingkungan.
- Guru membimbing siswa dalam melakukan diskusi kelompok
-Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa bertanya hal-hal yang belum jelas.
Kegiatan penutup
Guru dan siswa membuat rangkuman atau menyimpulkan
Guru memberikan tugas kepada siswa

E. Sumber Pembelajaran
Buku pelajaran IPA terpadu untuk SMP kelas IX
Buku-buku referensi

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.Bentuk
Uraian
3.Instrumen.
Jelaskan hubungan antara kabut asap dengan pemanasan global ?
jelaskan 2 macam akibat yang timbul jika hutan sudah gundul ? .
Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi kerusakan hutan ?
Jelaskan hubungan antara kenaikan suhu di permukaan bumi dengan volume air laut






Mengetahui, Sekayu, Januari 2010
Kepala SMP Negeri 2 Sekayu Guru Mata Pelajaran




Husrin Samiun, S.Pd I r s a n, S.Pd
NIP. 19670419 199203 1 005 NIP. 19710327 199512 1 001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar